Cara Kirim Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik

Cara Kirim Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik
0 0
Read Time:4 Minute, 50 Second

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik, kali ini saya akan melakukan review beberapa cara baru kirim uang dari Indonesia ke luar negeri. Berbeda dengan Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik yang telah dibahas pada artikel sebelumnya yang harus datang ke lokasi/kantor cabang terdekat, cara ini bisa dibilang cara lebih mudah karena dengan bantuan aplikasi.

B. Cara Modern
1. Kirim Uang via Paypal
Fasilitas transfer uang ini terbilang cukup banyak digunakan di seluruh dunia. PayPal menjadi rekening virtual yang terpercaya dan memiliki sejumlah fasilitas yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat. PayPal sangat banyak digunakan oleh para peminat transaksi online di seluruh dunia, baik untuk belanja maupun kepentingan bisnis lainnya.
Untuk bisa melakukan transfer melalui rekening PayPal, maka baik Anda maupun penerima dana tersebut di luar negeri arus memiliki rekening PayPal terlebih dahulu. Untuk membuat sebuah rekening PayPal, maka Anda hanya harus memiliki kartu kredit sebagai alat untuk mem-verifikasi rekening tersebut agar bisa menerima dan juga mengirimkan sejumlah dana.
Pengiriman dana melalui PayPal dapat berlangsung dengan mudah dan cepat, biaya yang dikenakan juga terbilang rendah. Anda cukup mengisi kolom transfer yang tersedia dan melakukan proses transfer tersebut dengan mudah melalui laptop atau gadget Anda. Namun ketika Anda mengirimkan sejumlah dana melalui rekening PayPal Anda, maka Anda harus memiliki sejumlah dana di dalam rekening tersebut. Sementara itu, tidak satupun bank lokal di Indonesia yang memungkinkan pengisian saldo PayPal hingga saat ini. Untuk itulah Anda akan membutuhkan kartu kredit sebagai alat verifikasi PayPal, agar kartu tersebut bisa menjadi sumber dana jika sewaktu-waktu rekening PayPal Anda tidak memiliki saldo yang cukup untuk transaksi yang Anda lakukan.

Baca juga:   Renungan untuk Mahasiswa

2. Kirim uang via TrueMoney
Transaksi menggunakan TrueMoney Wallet dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang bisa Anda unduh di Play Store. Aplikasi TrueMoney dibagi menjadi aplikasi Member dan aplikasi untuk Agen, namun Anda cukup mengunduh aplikasi Membernya saja. Setelah memiliki aplikasi ini di handphone, lakukan registrasi dan verifikasi. Setelah proses registrasi berhasil, Anda bisa mengisi saldo TrueMoney Wallet sesuai dengan nominal yang dibutuhkan melalui ATM, m-banking, atau internet banking.
Anda bisa mentransfer uang secara mudah ke mana saja. Bahkan tak hanya transfer ke Bank, Anda juga bisa kirim uang untuk ambil secara tunai di Alfamart atau Alfamidi. Jika Anda adalah penerima uang di Indonesia, cukup datang ke Alfamart atau Alfamidi terdekat dengan membawa identitas diri dan kode MTCN yang Anda dapatkan ketika selesai melakukan transaksi pengiriman uang melalui aplikasi Member TrueMoney.

3. Kirim uang via TransferWise
TransferWise adalah layanan transfer uang online, yang memungkinkan Anda mentransfer uang hingga delapan kali lebih murah daripada dengan bank. Ia bekerja dengan melewati pembayaran internasional mahal seluruhnya melalui menggunakan dua transfer lokal, bukan satu transaksi internasional secara online. TransferWise didirikan pada 2011 di London dan Estonia dan sekarang memiliki 12 kantor di seluruh dunia. TransferWise tersedia di 71 negara dan mencakup 1.300 mata uang.
Jadi TransferWise ini sangat mirip dengan Paypal bagi mereka yang sudah menggunakan Paypal, akan tetapi berbeda dengan Paypal, TransferWise memungkinkan saya dengan domisili di Eropa mempunyai akun mata uang Rupiah dan juga mengirim uang langsung ke bank tujuan di seluruh negara. Satu hal yang perlu menjadi catatan, pengiriman uang dari Indonesia ke TransferWise tidak bisa dalam mata uang USD. Ketentuan tersebut tercantum di TransferWise.

Baca juga:   Travelling ke Krabi, Thailand

4. Kirim uang ke Luar Negeri via Digibank
Digibank adalah aplikasi mobile banking DBS yang Anda bisa unduh di Google Play Store. Berbeda dengan pembukaan rekening di bank, Anda unduh Digibank dulu, tidak perlu ke kantor cabang DBS, lalu isi data dan upload dokumen yang diminta di aplikasi. Setelah proses pengisian online selesai, Anda buat janji dengan petugas Digibank yang akan datang menemui Anda untuk melakukan verifikasi dan tanda tangan basah atas dokumen pembukaan rekening. Setelah itu, proses pembukaan rekening Digibank selesai. Anda bisa langsung menggunakannya.
Anda tentukan mata uang yang digunakan untuk tujuan mengirimkan uang. Satu hal yang Anda harus perhatikan bahwa tidak semua negara tujuan gratis biaya transfer. Saat Anda membuat rekening tujuan, Anda akan diminta memilih negara tujuan dan disetiap negara akan ada tanda apakah ‘DBS Remit’ atau tidak. Negara – negara besar, seperti Eropa, USA, UK dan lain – lainnya adalah DBS Remit.

5. Kirim uang ke Luar Negeri via Wallex
Wallex Technologies adalah perusahaan asal Singapura yang mencoba mengubah metode pengiriman dana antarnegara menjadi praktis dan modern. Mereka melihat ada dua hal utama yang perlu diperbaiki dari metode transfer uang ke luar negeri. Pertama adalah biaya layanan progresif yang diterapkan oleh penyedia jasa. Yaitu semakin besar dana yang ditransfer, maka biaya layanannya pun semakin tinggi.
Kedua, proses pengiriman uangnya dilakukan secara offline, di mana pelanggan harus mendatangi kantor cabang terdekat, melengkapi dokumen, dan setelahnya barulah penyedia layanan mengirimkan dana. Kurs yang ditawarkan pun biasanya terbatas pada kurs yang banyak digunakan. Lalu layanan yang ditawarkan oleh Wallex ini berdasar pada platform online, di mana pelanggan bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Pengguna pun bisa mengkonversi uangnya ke lebih dari 40 mata uang asing di 180 negara di dunia.
Wallex memberlakukan biaya layanan flat Rp 100 ribu per transaksi ke semua negara, dan perlu menjadi catatan juga akan dikenakan Bank Charges sebesar IDR 200.000 jika melakukan transaksi ke negara bukan dalam mata uang lokal mereka.

Baca juga:   Qiqqa Aplikasi Manajemen Paper Referensi Ilmiah

6. Kirim uang ke Luar Negeri via Transfez
Mirip seperti Wallex, Transfez merupakan aplikasi mentransfer mata uang rupiah ke berbagai mata uang dunia, yang membedakan adalah aplikasi ini merupakan produk dalam negeri. Transfez melayani transfer uang ke 37 negara dan sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).
Selain menawarkan keamanan saat bertransaksi, proses transfer uang ke luar negeri lewat Transfez terbilang mudah dan hanya perlu beberapa menit untuk menyelesaikannya. Proses pengiriman uangnya juga dilakukan lebih cepat. Anda pun bisa melakukan pengecekan di setiap tahapan pengirimannya. Satu lagi keuntungan menggunakan Transfez adalah biaya pengirimannya 91% lebih murah dari biaya pengiriman via bank.

Happy

Happy

%

Sad

Sad
%

Excited

Excited
%

Sleepy

Sleepy

%

Angry

Angry
%

Surprise

Surprise
%

Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.