Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik
0 0
Read Time:3 Minute, 33 Second

Berbagai riset sudah membuktikan kalau peningkatan jumlah pekerja dan pelajar Indonesia yang bersekolah di luar negeri cukup signifikan. Dengan adanya data tersebut, kebutuhan akan komunikasi interlokal sampai pengiriman uang lintas negara juga meningkat, seiring berkembangnya masyarakat yang tinggal di luar negeri.

Juga dengan maraknya transaksi online yang terjadi belakangan ini, membuat kita telah demikian terbiasa dengan berbagai kemudahan dan juga kenyamanan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Tidak hanya terbatas pada berbagai transaksi di dalam negeri saja, namun transaksi keuangan antara negara juga menjadi hal yang mungkin untuk dilakukan dengan mudah dan cepat. Untuk memenuhi kebutuhan, khususnya transfer uang ke luar negeri, terdapat banyak cara yang bisa kita gunakan, mulai dari yang konservatif sampai yang modern. Kali ini saya ingin melakukan review beberapa Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik.
Untuk memudahkan melakukan review, baiknya kita akan bagi menjadi 2 grup berdasarkan mekanisme cara transfer uang ke luar negeri.

A. Cara Konvensional

1. Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Via Bank
Hampir semua bank menyediakan fasilitas transfer ke luar negeri atau dikenal sebagai remittance. Anda bisa melakukan transfer uang ke luar negeri melalui bank. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu kode swift bank yang dituju. Kode ini bisa didapatkan dari pihak bank lokal yang Anda gunakan. Dalam kata lain transfer bank to bank dilakukan melalui teller, jadi Anda perlu datang ke bank terlebih dahulu. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya sebelum mengisi informasi rekening dan bank tujuan adalah biaya kirim bank dan kurs yang berlaku agar nominal uang yang dikirimkan sesuai. Sayangnya, terkadang biaya yang perlu dikeluarkan akan lebih mahal jika menggunakan cara ini.
Satu hal yang perlu diingat untuk cara transfer uang ke luar negeri via bank, biayanya berkisar antara USD 25-35 atau setara dengan Rp. 30.000-500.000, belum lagi ditambah biaya lain untuk Full Payment atau potongan ditanggung pengirim (OUR).

Baca juga:   EndNote Aplikasi Manajemen Referensi Paper Ilmiah

2. Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Via ATM
Transaksi ini juga memiliki sistem yang serupa dengan transfer via bank, perbedaannya hanya terletak pada penggunaan alat transfer. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah juga mencari tahu kode swift bank yang dituju. Cara ini mungkin terlihat mudah, namun memiliki risiko yang cukup besar kalau tidak teliti dalam menginput nomor rekening dan nomor referensi dengan tepat. Setelah melakukan transfer, pastikan Anda menyimpan bukti transfer untuk mengantisipasi hal yang diinginkan. Oleh karena itu, untuk Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri pihak bank biasanya merekomendasikan untuk menggunakan via bank.

3. Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Via Western Union
Fasilitas ini terbilang menjadi yang paling mudah dan banyak dilakukan di seluruh penjuru dunia. Selain jangkauannya yang luas dan juga cepat, Western Union juga menerapkan sejumlah biaya pengiriman yang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan fasilitas transfer lainnya. Untuk melakukan transfer melalui Western Union, maka Anda hanya perlu mendatangi agen terdekat yang ada di sekitar rumah / kantor Anda. Jangan lupa membawa serta identitas diri yang masih berlaku, sebab hal ini akan dibutuhkan dalam formulir pengiriman.

Isi dan lengkapi formulir pengiriman dengan identitas diri dan juga data lainnya yang dibutuhkan, pastikan Anda mengisinya dengan data-data yang benar dan sesuai dengan aslinya. Serahkan dana dan juga sejumlah biaya yang dikenakan atas pengiriman yang akan Anda lakukan tersebut, jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan membawa pulang tanda bukti pengiriman yang Anda lakukan.

Berikut ini adalah besaran biaya yang dikenakan oleh Western Union dalam pengiriman uang ke luar negeri:

Baca juga:   Qiqqa Aplikasi Manajemen Paper Referensi Ilmiah

Rp100 ribu – 1 juta = Rp45.000
Rp2 – 10 juta = Rp90.000
Rp11 – 20an juta = Rp180.000
Rp30an – 49 juta = Rp360.000
Rp50 juta = Rp720.000

4. Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Via MoneyGram
Satu lagi layanan pengiriman dan penerimaan uang antar negara yang sudah tidak asing di Indonesia, adalah MoneyGram. Layanan MoneyGram ini sedikit mirip dengan Western Union. Tetapi salah satu yang membedakan adalah, MoneyGram mengirimkan uang ke penerima melalui berbagai cara. Jika penerima Western Union ingin mengambil uang, maka harus datang ke cabang terdekat dengan membawa kode MTCN. Jika penerima MoneyGram, selain bisa mengambil uangnya secara tunai atau e-wallet, uang bisa langsung masuk ke rekening bank. Cara mengirimkan uangnya juga bisa melalui agen, atau bank yang bekerjasama dengan MoneyGram. MoneyGram memungkinkan Anda untuk melacak status pengiriman uang. Dengan demikian, Anda bisa tahu apakah pengiriman uang berhasil atau tidak.

B. Cara Modern
Lanjut pada artikel kedua, tentang Cara Kirim Uang Ke Luar Negeri Murah Cepat Terbaik

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.