Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris

0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris, bukannya tidak nasionalis dan menganggap Bahasa Indonesia di nomor duakan dibandingkan dengan Bahasa Inggris hehe. Saya menulis disini karena berdasarkan pengalaman dan dari kisah nyata yang saya alami sendiri. Sesuai dengan informasi dari Wikipedia, Bahasa Inggris bisa ditetapkan sebagai bahasa internasional dalam bidang komunikasi, sains, teknologi informasi, bisnis, kelautan, kedirgantaraan, hiburan, radio dan diplomasi.
Nah, apa perlunya belajar dan menguasai Bahasa Inggris ?
Banyak banget, mulai dari textbook, e-book, jurnal saat ini kebanyakan adalah berbahasa Inggris. Ketika ingin belajar informasi terbaru berbagai bidang ilmu, kebanyakan adalah berbahasa Inggris. Misal sedang penasaran sama suatu hal yang baru, contohnya kaya celah keamaanan openSSL yang bocor Heartbleed, menanyakan permasalahan tentang suatu source code program, kerusakan sistem operasi/komputer, dan ketika google menampilkan hasil pencariannya ternyata yang keluar adalah berbahasa Inggris, dicoba dengan bahasa ibu (Indonesia) seringnya belum ada informasi, kalaupun ada informasi tersebut tidak selengkap dalam Bahasa Inggris.
Dalam satu buku saya pernah membaca bahwa Bahasa Inggris bisa mengubah persepsi orang terhadap seseorang. Cerita ini saya ambil plekk, tidak ada perubahan, ceritanya begini. Anggap saja tadi pagi ada seorang warga baru pindah dan tinggal dekat rumah anda. Ya, hanya seorang nenek tua dengan seorang cucu nya yang masih duduk di bangku SD, katakan lah begitu. Setiap jam 6 pagi anda liat si nenek itu, hanya pake baju kebaya nenek-nenek, jalan tunak tunuk didepan rumah anda. Pada pagi yang kesekian kali nya, anda sedang jogging tiba-tiba melihat nenek itu dari jauh –nampaknya ia sedang menerima telpon Anda semakin mendekat mengarah pada nya, dan dalam jarak 1 meter anda dengar si nenek ternyata sedang bercakap-cakap dengan anaknya dalam BAHASA INGGRIS lancar pula .. Hmm, kesan pertama bagi anda, anda sampai tanpa sadar memperlam bat langkah anda untuk mendengarkan si nenek, sampai si nenek salah tingkah Esok pagi nya jam 6 anda lihat si nenek itu kembali jalan pagi, dan melintas dihadapan anda. Jujur saja, samakah kesan anda terhadap si nenek kemarin lusa, dengan saat ini? tentu saat ini anda akan merasa sungkan,segan dan menghormati saat si nenek itu kembali melintas dihadapan anda.
Ya walaupun seperti yang disebutkan di republika, bahwa tidak ada kurikulum/kewajiban untuk murid SD belajar Bahasa Inggris, tapi dengan kesadaran pribadi/orang tua murid bahwa Bahasa Inggris itu sangat penting, karena salah satu modal untuk mendapat pekerjaan lebih baik, kuliah di luar negeri, lulus ujian Bahasa Inggris dengan hasil yang baik, travelling ke Eropa adalah faham dan menguasai Bahasa Inggris tersebut.
Saya merasa sangat menyesal, kenapa baru sadar saat ini bahwa Bahasa Inggris sangat penting. Tapi itu tidak menghalangi niat saya untuk tetap belajar bahasa tersebut hehe… Jadi, bagi yang belum terlambat dan masih punya waktu yang banyak, sangat saya sarankan untuk belajar dan menguasai Bahasa Inggris tersebut.

Baca juga:   Perbandingan Antara Qiqqa, EndNote, Zotero, Mendeley
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published.