Iftar dan Moreh: Cara berbuka puasa hemat di Malaysia

0 0
Read Time:1 Minute, 18 Second

Iftar dan Moreh: Cara berbuka puasa hemat di Malaysia, tahun ini merupakan tahun kedua menunaikan ibadah puasa di Malaysia. Banyak perbedaan yang saya alami antara puasa tahun pertama dan puasa tahun kedua ini, penyebab perbedaan tersebut adalah tahun kedua ini saya sudah tidak tinggal di dalam kampus (kolej). Mengenai prosesi ibadah kurang lebih terasa sama seperti dirumah, yaitu tarawih 20 rokaat dan ditambah 3 rokaat untuk witir. Untuk jumlah jamaah pun juga mirip, semakin mendekati hari kemenangan (hari raya), shaf jamaah pun juga mengalami kemajuan.

Kalau membahas tentang puasa, pasti tidak akan jauh dari yang namanya berbuka. Kenapa dan ada apa dengan berbuka puasa ? Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang boleh ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Jadi memang berbuka adalah salah satu yang memberi kebahagian, dan kebahagiaan saat berbuka tersebut akan bertambah ketika didapat secara gratis 🙂 .

Kok bisa gratis ? Iya, memang hampir disetiap masjid maupun musholla/surau di Malaysia selalu menyedikan buka bersama secara gratis setiap hari. Proses ngabuburit pun diisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti adanya ceramah atau tilawah. Proses buka bersama disetiap masjid pun berbeda beda, ada yang ketika adzan dikumandangkan langsung makan besar lalu sholat, ada juga yang setelah adzan baru makan kecil untuk membatalkan, lalu makan besarnya dilakukan setelah sholat maghrib. Ada juga masjid yang menyediakan makanan setelah sholat tarawih (moreh), biasanya setelah 8 rokaat sholat tarawih banyak juga jamaah yang berburu moreh ini.

Baca juga:   Mengatasi Visual Editor Wordpress Tidak Berfungsi
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.