Connected Papers Membantu Menemukan Hubungan Antar Artikel

Connected Papers Membantu Menemukan Hubungan Antar Artikel
0 0
Read Time:1 Minute, 39 Second

Connected Papers adalah alat visual yang membantu peneliti dan ilmuwan menemukan dan mengeksplorasi makalah yang relevan dengan bidang penelitiannya. Connected Papers menghasilkan grafik setelah kita memasukkan artikel/paper yang menjadi sumber utama. Tool ini akan menganalisis sekitar 50.000 makalah penelitian dan memilih yang memiliki tautan terkuat ke makalah asli. Tool ini sangat membantu kita dalam memilih dan menentukan sumber referensi yang akan kita gunakan ketika kita sedang membuat proposal riset, proposal thesis, artikel jurnal maupun conference.

Sejarahnya, Connected Papers dimulai sebagai proyek sampingan akhir pekan untuk Alex Tarnavsky, Eitan Eddie Smolyansky, dan Itay Knaan Harpaz dari Israel. Ketika ketiga teman tersebut menyadari betapa bergunanya penelitian mereka sendiri dan berapa banyak teman dan kolega mereka yang meminta untuk menggunakannya, mereka memutuskan untuk menyediakannya untuk umum.

Beberapa keuntungan dari Connected Papers adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan gambaran visual dari bidang studi. Kita akan dapat melihat makalah mana yang paling populer di bidangnya, serta berbagai dinamika antar bidang studi, secara sekilas.
  • Memastikan bahwa kita tidak mengabaikan artikel-artikel utama/penting. Ini sangat berguna di bidang yang menghasilkan sejumlah besar makalah baru secara teratur.
  • Menjelajahi makalah yang relevan di kedua arah. Connected Papers memungkinkan kita menemukan karya sebelumnya dan turunan terpenting di bidang studi kita.
  • Tool ini saat ini gratis, dan ketiga pendiri terus menambahkan fitur baru untuk membuatnya lebih berguna. Jika Anda ingin mencobanya, ikuti langkah-langkah ini.

Menggunakan Connected Papers kita tinggal memasukkan sebuah tema (misalnya data mining) kemudian akan menampilkan beberapa pilihan artikel utama tentang tema/topik tersebut. Setelah itu tool ini akan menampilkan keterhubungan artikel utama tersebut dengan menampilkan artikel yang terkait/terhubung.

Baca juga:   Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia dengan Mandiri Remittance

Bisa juga kita masukin DOI (Digital Object Identifier) dari sebuah artikel utama. Dengan tool ini kita bisa lihat paper mana aja yang paling berpengaruh pada sebuah topik. Kalo mahasiswa lagi mencari referensi paper tentang sebuah tema, bisa juga pake tool ini. Tool ini sangat membantu untuk menemukan sumber referensi yang terhubung sehingga kita bisa mendapatkan sumber yang sesuai yang ditampilkan dalam visual seperti node yang saling terhubung.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.