Pelajaran Hidup dari Seekor Kodok

Pelajaran Hidup dari Seekor Kodok
0 0
Read Time:1 Minute, 39 Second

Pelajaran Hidup dari Seekor Kodok, Hari sabtu begini tidak ada kegiatan dan kebetulan sedang males untuk berangkat ngeleb, ngelamun sambil buka fb jadi teringat status teman tentang sebuah kodok. Sebuah penelitian pernah dilakukan, dengan memasukkan kodok kedalam panci dan diletakkan diatas kompor. Ketika kompor dinyalakan dan air mulai meningkat suhunya, kodong punya kemampuan untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu air yang semakin panas. Kodokpun terus menyesuaikan dirinya dengan suhu air yang terus naik. Ketika air sudah mencapai titik didih, kodong sudah tidak mampu menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu air karena memang sudah sangat panas. Ketika baru sadar tubuhnya tidak sanggup untuk menyesuaikan, kodokpun mencoba untuk melompat keluar dari panci panas tersebut. Tapi sayangnya, kodok sudah tidak mampu untuk melompat keluar karena sudah kehabisan tenaga digunakan untuk menyesuaikan suhu badan dengan air yang mendidih tadi. Dan akhirnya, kodokpun mati terebus didalam air mendidih.

Ketika ada kejadian seperti ini, apakah penyebab kodok mati ?

Kemungkinan banyak dari kita pasti akan menjawab “karena air mendidih”. Secara nalar memang masuk akal, tapi sebenarnya bukan karena air mendidih sepenuhnyalah kodok itu mati. Penyebabnya adalah, kodok tidak punya kemampuan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melompat keluar, alih-alih ketika sudah terlalu terlambat dan baru mencoba untuk melompat.

Dari penelitian tersebut, banyak hikmah yang bisa kita ambil. Disaat kita berada dilingkungan yang baru, memang kita perlu untuk menyesuaikan diri kita dengan lingkungan sekitar, orang disekitar maupun dengan keadaan sekitar. Tapi kita perlu tahu dan siap mengambil keputusan yang tepat, kapankah kita menyesuaikan diri dan kapan kita menghadapi keadaan tersebut. Ada kalanya kita menyesuaikan diri dengan sekitar, dan perlu juga kita mengambil sikap untuk menghadapi keadaan tersebut, salah satu caranya seperti yang dilakukan kodok tersebut, melompat keluar tapi bukan ketika telah terlambat.

Baca juga:   Restore Database Qiqqa

Apabila kita selalu membiarkan orang lain untuk memanfaatkan diri kita dalam hal fisik, mental, emosional, maupun secara finansial maka mereka akan terus melakukannya. Dan apabila itu terjadi, maka pilihan yang tepat adalah kita menghadapinya dan harus menentukan kapan harus melompat keluar selagi masih ada kekuatan dan kesempatan.

Happy

Happy

%

Sad

Sad
%

Excited

Excited
%

Sleepy

Sleepy

%

Angry

Angry
%

Surprise

Surprise
%

Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.