Menambahkan BibTeX kedalam Library Qiqqa

0 0
Read Time:3 Minute, 21 Second

Melanjutkan dari Tutorial Dasar Qiqqa Bahasa Indonesia yang sedikit saya bahas ditulisan kemarin, kali ini edinesia akan membahas tentang menambahkan BibTeX kedalam library Qiqqa. Dalam membuat paper maupun karya tulis ilmiah melampirkan referensi dan mencantumkan kutipan itu adalah wajib hukumnya, apalagi untuk karya ilmiah yang ingin diterbitkan dijurnal internasional. Bagi yang karya ilmiahnya ingin diterbitkan dijurnal internasional, referensi yang akan bisa dipakaipun harus karya ilmiah yang sudah terbit dijurnal internasional pula, dan format penulisan referensinya pun mempunyai standar masing-masing. Format yang bisa dipakai contohnya, ‎APA style, ‎The MLA Style Manual, ‎The Chicago Manual of Style, ‎ACS style, dan lain-lain.

Dalam hal citation maupun referensi, Qiqqa telah merangkul BibTeX (Baca = BibTeX adalah). Qiqqa dapat menghubungkan metadata dengan file PDF yang berada dalam library Qiqqa. Metadata BibTeX ini berisi informasi seperti judul referensi , penulis , tahun publikasi dan tempat , jenis referensi ( artikel , paper jurnal , bab buku , dll ) , dan editor dan penerbit , jika berlaku .
Sebuah catatan sampel BibTeX terlihat sebagai berikut .

@ARTICLE{molodtsov1999soft,
  author = {Molodtsov, Dmitriy},
  title = {Soft set theory first results},
  journal = {Computers & Mathematics with Applications},
  year = {1999},
  volume = {37},
  pages = {19--31},
  number = {4},
  publisher = {Elsevier}
}

Informasi ini tidak hanya mengidentifikasi PDF dalam Qiqqa , tetapi juga digunakan oleh Qiqqa InCite secara otomatis membuat bibliografi yang bagus di Microsoft Word di salah satu dari ribuan gaya jurnal.

  1. Nomor 1 menunjukkan PDF yang akan dihubungkan dengan BibTeX . Jika telah memberikan waktu yang cukup , Qiqqa secara otomatis telah melakukan OCR pada PDF Anda dan mencoba untuk mendeteksi judul dengan mencari teks terbesar pada halaman pertama . Qiqqa kemudian secara otomatis submit judul kepencarian ke Google Scholar oleh Nomor 2 .
  2. Jika Qiqqa mendapatkan judul yang salah , bisa dilakukan dengan memilih teks dalam PDF dan secara otomatis Qiqqa akan melakukan pencarian di Google Shcolar . Kadang-kadang mungkin perlu untuk memasukkan nama-nama penulis untuk membantu keluar pencarian . Jika Qiqqa masih mencari , mungkin jika OCR tidak berhasil untuk beberapa alasan , Anda dapat secara manual memasukkan permintaan pencarian di pameran 2 dan tekan ENTER .
  3. Nomor 3 kemudian menunjukkan Browser Web dengan hasil pencarian Google Scholar yang dihasilkan . Scroll untuk mencari judul yang tepat sesuai dengan PDF . Umumnya , itu akan menjadi yang pertama dalam daftar.
  4. Jika telah ditemukan, sekarang saatnya untuk mengambil nya BibTeX . Pada Nomor 4 Anda melihat ” Impor ke BibTeX ” link . Jika tidak ada , lihat Bukti 5 dan tekan link yang membuka halaman pengaturan Google Scholar . Pada halaman pengaturan , pilih BibTeX sebagai manajer bibliografi pilihan Anda dan menyimpan pilihan Anda . Jika Anda ingin memperbarui pengaturan Google Scholar secara manual , pastikan Anda melakukannya untuk scholar.google.com (perhatikan . Com ). Setelah melakukan penyimpanan pengaturan maka akan dilakukan pencarian lagi.
  5. Setelah mengklik “Impor ke BibTeX ” link di Nomor 4 , Web Browser akan menavigasi ke BibTeX dan akan disalin ke area teks di pameran 6 . Qiqqa kemudian terlihat di bidang penulis BibTeX untuk nama keluarga dari penulis . Jika menemukan orang- nama keluarga dalam PDF , akan menyoroti mereka dalam warna ( Nomor 7 ) dan kotak teks akan berubah menjadi hijau , yang berarti bahwa ini mungkin adalah BibTeX benar untuk PDF ini . Jika tidak cocok, mungkin BibTeX salah . Tekan tombol BACK pada Web Browser dan coba pencarian lain .
  6. Setelah menemukan BibTeX yang tepat, tutup window Sniffer ini . BibTeX akan secara otomatis telah dikaitkan dengan PDF ketika Anda mengubah teks dalam kotak di Nomor 6 . Qiqqa mengizinkan bila ingin mengubah isi dari BibTeX, bisa dilakukan di kotak ini.
  7. Jika masuk dalam BibTeX Sniffer dari toolbar layar Library, mungkin akan menemukan BibTeX lebih dari satu PDF . Tekan tombol NEXT di Nomor 8 untuk pindah ke PDF lain yang belum terhubung dengan BibTeX.
  8. Jika tidak dapat menemukan BibTeX untuk PDF , dapat dimasukkan tanda # dalam kotak BibTeX dan PDF tidak akan muncul lagi ketika menekan NEXT berikutnya. Atau dapat menekan tombol SKIP (di bawah tombol NEXT).
  9. Salah satu aspek kunci tentang BibTeX Sniffer adalah bahwa dengan memaksa Anda untuk mengisi BibTeX Anda semiautomatically , Anda mendapatkan kesempatan untuk memastikan bahwa itu benar . Jika Anda menemukan proses ini sedikit membosankan dan senang untuk memoles BibTeX nanti , Anda dapat menggunakan BibTeX Sniffer Wizard. Tekan ikon topi penyihir di Nomor 8.
Happy

Happy

%

Sad

Sad
%

Excited

Excited
%

Sleepy

Sleepy

%

Angry

Angry
%

Surprise

Surprise
%

Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.