Cara Backup Database Qiqqa

0 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

Alhamdulillah setelah hampir 2 bulan tidak membuka dan update blog jelek ini (baca : edinesia), dikarenakan berbagai kesibukan duniawi akhirnya dihari Minggu ini saya sempatkan untuk mengupdate blog ini. Kali ini saya ingin berbagi cara sederhana dalam backup database Qiqqa.

Cara Backup Database Qiqqa, bagi yang belum terlalu mengenal Qiqqa, Qiqqa adalah sebuah aplikasi yang free berguna untuk manajemen paper referensi ilmiah, atau bisa dibaca disini (Qiqqa Aplikasi Manajemen Paper Referensi Ilmiah). Dari segudang fitur yang disediakan, salah satu fitur yang menurut saya sangat penting adalah fitur backup. Fitur backup disini akan terasa sangat bermanfaat ketika dihadapkan dengan harus instal ulang komputer, punya komputer/laptop baru, ingin duplikasi database kekomputer lain. Dari bebearapa alasan tersebut, sangat memakan waktu dan tenaga bila harus mendownload satu per satu kembali informasi metadata maupun bibtexnya (Baca :  BibTeX adalah ).

Cara Backup Database Qiqqa sangat mudah, bagi yang belum punya software Qiqqa bisa didownload di sini dan instal seperti biasa
Bila Qiqqa sudah berisi referensi ilmiah beserta metadata dan bibtex-nya, maka caranya dengan klik menu Tools –> pilih Backup lalu pilih lokasi menyimpan file backup serta nama filenya (biasanya nama filenya adalah QiqqaBackup.TahunBulanTanggalJamMenitDetik).

Kalau sudah dibackup, maka instal ulang maupun duplikasi database kekomputer lain sudah bisa dilakukan. Untuk proses restore Qiqqa akan saya bahas ditulisan selanjutnya

 

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments
Baca juga:   Restore Database Qiqqa

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.