Software Gratis untuk Meningkatkan Kualitas Bahasa Inggris Makalah Internasional

Software Gratis untuk Meningkatkan Kualitas Bahasa Inggris Makalah Internasional, Bahasa Inggris bisa dibilang merupakan momok yang menakutkan bagi orang Indonesia. Bagaimana tidak, kita belajar Bahasa Inggris semenjak sekolah dasar hingga kuliah, tetapi hasilnya belum juga memuaskan. Momok menakutkan ini tidak hanya untuk siswa atau mahasiswa saja, tetapi juga untuk dosen. Semenjak diberlakukan peraturan terbaru dikti, bahwa guru besar harus publikasi ke jurnal internasional. Sebenarnya peraturan ini tidak hanya untuk guru besar atau profesor saja, tetapi untuk semua dosen, karena untuk mengajukan kenaikan jabatan fungsional salah satu syaratnya adalah publikasi (penelitian yang outputnya adalah makalah ilmiah) internasional. Berikut ini beberapa software aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas Bahasa Inggris makalah kita untuk publikasi internasional.

Google Translate
Tidak perlu diragukan lagi, Google translate menjadi andalan ketika berhadapan dengan Bahasa Inggris. Tidak hanya menerjemahkan lirik lagu, subtitle film atau kata mutiara berbahasa inggris, Google translate juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas makalah kita untuk jurnal internasional. Tetapi satu perlu diperhatikan ketika menggunakan google translate untuk tujuan ilmiah, yaitu ketika menerjemahkan suatu kalimat atau bahkan paragraf, bahasa Indonesia yang digunakan harus bahasa baku (sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)) sehingga hasil terjemahannyapun lebih mendekati dengan aslinya. Dan juga, perlu untuk melakukan pengecekan kembali terhadap hasil terjemahannya, tidak bisa hasil terjemahan google translate langsung disubmit ke jurnal atau conference internasional tanpa disempurnakan terlebih dahulu.

Microsoft Word
Kenapa Microsoft Word dikategorikan gratis ? Karena saya yakin semua laptop atau komputer pasti memiliki software ini (atau sejenisnya), terlepas dari software asli atau bajakan. Microsoft Word juga bisa diandalkan untuk meningkatkan kualitas makalah bahasa inggris kita. Fitur Synonims sangat bermanfaat untuk memberikan opsi suatu kata lebih bervariasi. Sedangkan fitur Grammar dapat memberikan saran secara otomatis mengenai tulisan makalah kita, apakah kesalahan dalam pemilihan kata, kesalahan penggunaan tanda baca, kalimat terlalu klise, pemakaian kalimat pasif dan lain sebagainya. Untuk mengaktifkan fitur ini, klik menu File, pilih Options, pada menu bagian kiri pilih Proofing, pada Writing Styles pilih Grammar and Style (Office 2013) (untuk lebih detailnya klik Settings yang terletak disebelah Writing Styles) kemudian klik OK.

Baca juga:   Etika Antri vs Pandai Matematika

Grammarly
Grammarly merupakan add ins untuk Microsoft Word yang terdapat dua versi, versi premium dan gratis. Perbedaan dari dua versi tersebut adalah kelengkapan dalam mendeteksi kesalahan tulisan makalah kita, tetapi dengan versi gratis sudah sangat membantu. Grammarly merupakan penyempurna untuk Microsoft Word dalam mendeteksi kesalahan Grammar tulisan kita. Sesuai dengan gambar dibawah ini, terdapat 8 critical issues, dan 62 advanced issues. Berhubung menggunakan versi gratis, hanya 8 critical issues yang bisa diperbaiki menggunakan Grammarly ini.

Ginger
Sebagai penyempurna dari Grammarly adalah Ginger. Software add ins ini tidak kalah dengan Grammarly, konsep keduanya bisa dibilang mirip, mengecek Grammar setiap kalimat dalam tulisan kita serta memberikan saran untuk pembenarannya. Software ini juga terdapat versi premium dan gratis. Yang membedakan ketika menggunakan versi gratis adalah terdapatnya batasan dalam penggunaan software ini, tetapi secara umum sangat membantu dalam memperbaiki kualitas tulisan ilmiah kita ketika ingin mengirimkan ke jurnal internasional.

Berikut tadi 4 software yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas Bahasa Inggris makalah internasional kita. Semangat menulis makalah ilmiah, saatnya tulisan kita Go Internasional !!!

Facebook Comments

You may also like...