Salah Kaprahnya Orang Indonesia dalam Menyebut Jurnal

Salah Kaprahnya Orang Indonesia dalam Menyebut Jurnal
1 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

Mungkin (sering malah) kita pernah mendengar orang (teman sejawat, atasan, atau nara sumber webinar, dll) bilang begini “Saya mau submit jurnal ke conference ABC” atau “Tolong bantu revisi jurnalku ya” dan sejenisnya. Kalau kita mendengar sekilas rasanya tidak salah dengan kalimat-kalimat tersebut dalam segi SPOK. Tetapi kalau dari segi penggunaan kata “jurnal” disini rasanya kurang tepat, mestinya yang tepat menggunakan kata “artikel” atau istilah kerennya “paper“. Sehingga kalau kita revisi kalimat diatas menjadi kalimat yang benar dalam segi SPOK maupun artinya menjadi, “Saya mau submit artikel ke conference ABC” atau “Tolong bantu revisi paperku ya”.

Yang menjadi kendala jika faham salah kaprah penggunaan istilah ini disebarkan ke khalayak luas (seperti ke mahasiswa) yang mengakibatkan banyaknya orang yang tersesat dalam menggunakan istilah ini. Karena tidak jarang karena dosennya salah kaprah, mahasiswa juga ikutan salah karena tidak tahu. Agar tidak semakin tersesat, mari kita mencari definisi yang sesuai antara kata “jurnal” dengan “artikel atau paper” sehingga bisa kembali ke jalan yang benar.

Jurnal adalah publikasi secara berkala yang berisi sejumlah artikel yang diterbitkan secara teratur pada interval tertentu; biasanya bulanan atau setiap triwulan atau setiap caturwulan –tergantung dari publisher/penerbit jurnal tersebut– biasanya dengan melaporkan penelitian baru dengan tujuan utama adalah untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Secara umum terdapat dua jenis jurnal ilmiah, yaitu non-open access journal dan open access journalNon-open access journal adalah journal ilmiah yang menerbitkan artikel yang hanya bisa diakses secara menyeluruh oleh orang yang berada didalam suatu institusi yang berlangganan (subscribe) atau mendapatkan lisensi terhadap jurnal tersebut. Sedangkan open access journal adalah jurnal ilmiah yang memberikan akses secara terbuka terhadap artikelnya, sehingga semua orang dapat mengakses serta mendownload bebas melalui internet sehingga membuat artikel ini lebih mungkin untuk digunakan dan dikutip. Contoh non-open access journal adalah semua jurnal dibawah IEEE (IEEE Transactions on Fuzzy Systems, IEEE Wireless Communications, IEEE Transactions on Education, dll), selain IEEEAccess, Nature, jurnal dibawah Elsevier (Fuzzy Sets and Systems, Computers & Mathematics With Applications, Journal of Computer and System Sciences, dll), Springer, selain SpringerPlus, dan lain-lainnya, sedangkan contoh open access journal adalah Plos One, PeerJ, Sensors, Energies, IEEEAccess, SpringerPlus (sekarang sudah tidak menerima artikel lagi), serta jurnal-jurnal yang memakai OJS biasanya masuk dalam kategori ini.

Baca juga:   Apakah Jurnal itu ?

Artikel atau paper adalah tulisan atau karangan yang ilmiah dapat berbentuk artikel ulasan (review article) maupun artikel penelitian (research article) yang diterbitkan di jurnal ilmiah maupun conference.

Semoga dengan penjelasan singkat mengenai arti apakah jurnal itu dan arti apakah artikel ilmiah itu bisa memberikan sedikit informasi agar mampu membedakan perbedaan antara jurnal ilmiah dengan artikel ilmiah.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.