Perbandingan Antara Qiqqa, EndNote, Zotero, Mendeley

Perbandingan Antara Qiqqa, EndNote, Zotero, Mendeley, Keempat software tersebut adalah software yang bisa digunakan untuk manajemen referensi (reference manager), citation (sitasi/kutipan), daftar pustaka dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa semester akhir, mahasiswa master/doktor, maupun para dosen memang dituntut untuk melakukan riset untuk membuat paper ilmiah. Paper ilmiah memang sekarang suatu kewajiban, baik paper teknikal maupun paper review. Dalam mereview paper maupun membuat paper, mengambil referensi/sitasi dari paper lain yang menjadi landasan adalah wajib hukumnya. Setiap paper diwajibkan untuk menyertakan sumbernya, penulisnya, judulnya, tahun terbit maupun jurnal publishernya.
Mereview paper memerlukan tidak hanya 1 atau 2 paper, dalam mereview paper agar bisa masuk ke jurnal internasional minimal memerlukan 100 atau bahkan bisa 200an paper lebih. Itu adalah kewajiban untuk mereview perkembangan dari sebuat metode maupun teori. Melihat angkanya saja sudah kewalahan, belum lagi mereview papernya, memang mahasiswa dituntut untuk itu.
Terdapat beberapa software yang bisa digunakan untuk membantu mempermudah dalam menuliskan referensi, menuliskan kutipan/citation, daftar pustaka yaitu antara lain Qiqqa, EndNote, Zotero dan Meneley. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari ke empat software tersebut, bersumber dari Qiqqa.

 

Facebook Comments
Baca juga:   Pisang dan Hari Jumat
0 comments
0 likes
Prev post: 10 Pertanyaan Teraneh Saat Job InterviewNext post: Cara Mengembalikan Mood yang Hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *