Menambahkan Format LNCS untuk Bibtex4Word

Dalam menulis laporan, skripsi, tesis maupun paper, salah satu masalah yang paling sering dihadapi adalah penulisan gaya/style referensi. Dalam penulisan gaya referensi untuk journal terdapat beberapa yang sudah terkelal, yaitu Oxford, Harvard, MLA, American Sociological Association (ASA), American Psychological Association (APA), IEEE, ACM, dll. Nah, bagi yang ingin menulis paper/makalah untuk konferen dan kebetulan konferen tersebut di index oleh Springer, gaya atau format referensinya juga harus mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh Springer (http://www.springer.com/computer/lncs?SGWID=0-164-6-793341-0).
Bagi pengguna Microsoft Word, cara mudah memasukkan citation/sitasi kedalam paper dengan menggunakan Bibtex4Word. Plugin tersebut sudah lebih dari cukup untuk otomatisasi citation maupun referensi. Hanya saja, untuk bawaan standar dari Bibtex4Word belum menyediakan format referensi untuk Springer (LNCS , LNAI, LNEE, dll). Agar Bibtex4Word bisa mendukung format springer, maka berikut cara untuk Menambahkan Gaya Referensi LNCS untuk Bibtex4Word.

Ketika saya memeriksa informasi untuk penulis LNCS di http://www.springer.com/computer/lncs?SGWID=0-164-6-793341-0, saya download paket LaTeX di ftp://ftp.springer.de/pub/tex/latex/llncs/latex2e/llncs2e.zip .

Langkah 1
Ektrak file llncs.zip kedalam folder llncs.

Langkah 2
Masuk kedalam folder C:Program FilesMiKTeX x.xbibtexbst ,  lalu buat folder ‘lncs’
Salin semua file dari folder unzip ke folder ini. Meskipun, aku tidak yakin bahwa langkah ini akan diperlukan, saya masih tetap melakukannya.

Langkah 3
Masuk kedalam folder C:Program FilesMiKTeX x.xtexlatex , dan buat folder baru dengan nama ‘lncs’.
Salin hanya “sty” dan “cls” file dari folder unzip ke folder ini dan juga kedalam folder “texlatexmisc”

Bila menggunakan bibtex4word di Microsoft Word, perlu dengan menentukan gaya bibtex dengan mengeklik icon . Dan masukkan format springer dengan cara memilih antara “splncs” atau “splncs03”.

Facebook Comments
Baca juga:   Mat Rempit adalah
0 comments
0 likes
Prev post: Cara Instal Bibtex4Word untuk Microsoft WordNext post: Instagram, Mainan Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *