Kuliah By Research di Malaysia – University of Malaya

Alhamdulillah sudah beberapa tahun (jangan tanya berapanya ya 🙂 ) hidup dan menuntut ilmu dinegeri jiran (Malaysia). Awal kalimat memang sengaja dengan ucapak syukur karena memang dalam pikiran pun tidak ada bayangan ingin kuliah di Malaysia, dikampus terbaik dan nomor wahid dinegara ini (University of Malaya). Semenjak lulus S1 beberapa tahun yang lalu (jangan tanya berapanya lagi ya 🙂 ) memang sudah berniat dan berdoa dengan tulus untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi tidak ada bayangan sama sekali harus jauh terlempar kesini. Ya memang Allah kadang mengabulkan suatu doa melebihi doa yang telah dipanjatkan, sing penting yakin…..

Kebanyakan kampus di Malaysia menawarkan 3 pilihan perkuliahan (terutama kampus berbasis research/research university) yaitu by coursework, by mixed-mode dan by research. By coursework, adalah kuliah seperti biasanya kuliah-pulang kuliah-pulang kalau nilai bagus tahu tahu lulus dan wisuda saja. By mixed-mode, maksudnya mahasiswa kuliah seperti biasanya (mirip by coursework) tetapi ditahun akhirnya diharuskan untuk menulis tesis. Sedangkan, by research adalah sistem perkuliahan tetapi tidak ada kuliah. Ini maksudnya adalah perkuliahan berbasis riset/penelitian, jadi mahasiswa diberikan fasilitas laboratorium (sesuai dengan jurusannya) untuk melakukan penelitian, tanpa ada mata kuliah satupun. Kalaupun ada mata kuliah paling hanya dua, Bahasa Melayu (wajib bagi mahasiswa asing) dan Research Methodology. Waktu penelitian yang dilakukan tidak dibatasi oleh hari maupun waktu, bisa datang kapan saja, pulang kapan saja, atau bahkan tidur didalam lab tersebut. Seperti sekarang ini, saya sedang menulis artikel ini pada pukul 08:59 pm dan posisi masih didepan komputer lab.

Bagi yang belum merasakan kuliah by research akan mengira kayaknya enaknya, kuliah tetapi tidak ada kelas sama sekali. Jangan salah bung, this research is killing me inside. Sampai sampai temen satu lab bilang, riset ini killing routine (rutinitas yang membunuh). Gimana tidak membunuh, coba banyangkan…. (saya beri waktu 5 menit untuk membayangkan haha 🙂 ) biasanya mahasiswa akan datang dipagi hari, ada yang datang pukul 7,8,9 dipagi hari, normalnya pukul 8-9 pagi. Dan mereka (termasuk saya) akan pulang sekitar pukul 7 atau bisa sampai pukul 11, dan parahnya lagi untuk penelitian yang mewajibkan untuk ditunggu dan selalu berada disampingnya (saking posesifnya) harus rela untuk menginap dan tidur dilab. Jadi ibarat menghindari sinar matahari, berangkat gelap pulang juga gelpa. Perjuangan mana lagi yang engkau dustakan wahai mahasiswa!!!

Baca juga:   Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia menggunakan Bank Mandiri

Kalau dilanjutkan untuk cerita tidak enaknya menjadi mahasiswa by research, kebanyakan mahasiswa yang mengambil by research lulusnya terbilang lama. Karena apa ? Karena syarat untuk lulus saja sangat susah sekali, syaratnya adalah harus publish minimal satu paper di jurnal Thomson Reuters ISI (Institute for Scientific Information). Istilah opo meneh iku? Untuk definisi apa itu ISI akan saya jelaskan di tulisan lainnya, karena sudah malam sudah pantas untuk pulang dan apalagi belum makan hehe…

Facebook Comments
0 comments
0 likes
Prev post: Tips Menghilangkan Sifat SombongNext post: Fenomena Bigo Live: Semua berlomba menjadi bintang Porno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *