Instalasi LyX di Windows

Sebelum membahas Instalasi LyX di Windows, sedikit intro dulu ya. Kemarin sudah sedikit mencolek yang namanya LyX, bagi yang belum membaca silakan baca disini. LyX, adalah software pengolahan dokumen yang mempunyai konsep “apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu inginkan” dan berjalan disemua OS. Berbeda dengan LaTeX yang semuanya memakai perintah/sejenis bahasa pemrogaman, LyX bisa dibilang GUI dari LaTeX.

Instalasi LyX sangat mudah, hampir sama dengan software software pada umumnya dilingkungan windows, tinggal klik next agree dan finish. Ada dua cara sederhana yang bisa dipakai untuk instal LyX di sistem operasi windows, yang pertama adalah dengan 2 tahap instalasi dan yang kedua hanya dengan satu tahap instalasi. Tahap instalasi ini pun sesuai dengan jumlah software yang nantinya akan dipakai.

Kita bahas dulu cara yang pertama, yaitu dengan menggunakan dua tahapan. Amunisi Software yang dipakai yang pertama adalah MikTeX dan yang kedua adalah LyX itu sendiri. Silakan download MikTeX disini dan LyX di link berikut ini (pilih yang LyX installer). Software yang pertama kali harus diinstal adalah MikTeX (baca : Berkenalan dengan LaTeX dan LyX). Setelah MikTeX berhasil menginstal MikTeX, langkah terakhir adalah dengan mengintal LyX, caranyapun mudah hanya dengan klik dan next dan selesai dengan finish.

Cara termudah menginstal LyX adalah dengan menggunakan paket bundle (bundling antara MikTeX dengan LyX), yang bisa didownload disini (pilih yang LyX bundle). Langkah instalasinya pun sangat mudah, jalankan LyX bundle dan instal hingga selesai. Bila tidak ada error yang muncul itu dapat disimpulkan bahwa instalasi telah berhasil. Dan berikut ini adalah tampilan LyX pada saat pertama kali dijalankan.
Untuk memulai memakai LyX silakan klik menu File –> New. Atau bila ingin menggunakan template yang paper / buku / tesis maka bisa dengan memilih menu New from Template dari menu File. LyX telah menyediakan berbagai template standar yang bisa dipakai sesuai dengan keperluan, untuk menulis paper (IEEE, AMS, Kluwer, Komma) maupun untuk menulis skripsi/tesis.

Facebook Comments
Baca juga:   Berkenalan dengan LaTeX dan LyX

You may also like...

3 Responses

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi. Teknologi merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang di zaman yang sudah maju sekarang ini. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Teknologi yang dapat dilihat di http://www.ejournal.gunadarma.ac.id

  2. vonie11 says:

    Terimakasih atas informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *