EndNote Aplikasi Manajemen Referensi Paper Ilmiah

Bagi mahasiswa semester akhir, mahasiswa master/doktor, maupun para dosen memang dituntut untuk melakukan riset untuk membuat paper ilmiah. Paper ilmiah memang sekarang suatu kewajiban, baik paper teknikal maupun paper review. Dalam mereview paper maupun membuat paper, mengambil referensi/sitasi dari paper lain yang menjadi landasan adalah wajib hukumnya. Setiap paper diwajibkan untuk menyertakan sumbernya, penulisnya, judulnya, tahun terbit maupun jurnal publishernya.
Mereview paper memerlukan tidak hanya 1 atau 2 paper, dalam mereview paper agar bisa masuk ke jurnal internasional minimal memerlukan 100 atau bahkan bisa 200an paper lebih. Itu adalah kewajiban untuk mereview perkembangan dari sebuat metode maupun teori. Melihat angkanya saja sudah kewalahan, belum lagi mereview papernya, memang mahasiswa dituntut untuk itu.
Seringkali kewalahan untuk mencatat, mempelajari, mengelola referensi serta menuliskan referensinya di daftar pustaka. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu dalam meringakan masalah tersebut diatas, mulai dari EndNote, Zotero, Qiqqa, Mendeley. Hari ini saya ingin membahas dari yang pertama, EndNote. EndNote merupakan software yang dikhusukan untuk manajemen referensi atau sitasi. Dengan software tersebut bisa untuk menyimpan data-data mengenai referensi paper/buku yang digunakan, sekaligus mengintegrasikan ke teks yang kita tulis. Memang EndNote, bukan software gratis yang bisa dipakai selamanya. Untuk edisi trial dibatasi dalam 30 hari saja. Jadi bila ingin mencoba EndNote bisa langsung mendownload di website resminya disini http://endnote.com/downloads/30-day-trial
Untuk contoh tampilan EndNote adalah seperti ini :

Sekian dulu pengenalan dasar mengenai software EndNote, untuk lebih lanjut mengenai EndNote serta software lainnya akan saya tulis dilain kesempatan.

Facebook Comments
Baca juga:   Kisah Romantis dibalik Sejarah Hari Raya Idul Adha

You may also like...

5 Responses

  1. Nurul Dini says:

    Saya tertarik dengan postingan mengenai artikel ilmiah diatas. Semoga ilmu yang di share bermanfaat. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai referensi jurnal ilmiah yang bisa anda kunjungi di Mengenai Perpustakaan di dalamnya terdapat banyak referensi buku yang dapat anda temui.

  2. Indri ani says:

    Saya telah mencoba aplikasi referensi paper ilmiah diatas, memang sangat memudahkan dalam mencari referensi. Selain aplikasi diatas ada juga situs yang saya jadikan referensi mencari jurnal yang bisa dilihat di Jurnal Elektronik

  3. Nabila Adilah says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai berbagai tulisan yang bisa anda kunjungi di Publikasi Sastra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *