Beli Barang Online di Malaysia via lelong.com.my

Beli Barang Online di Malaysia via lelong.com.my, lelong.com.my merupakan salah satu situs e-commerce terbesar di Malaysia selain lazada, mudah dan lain sebagainya. Situs lelong ini Sebenarnya lelong ini mirip seperti tokobagus, penyedia website yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli dalam satu website. Salah satu kelebihan lelong ini adalah terintegrasinya lelong dengan sejumlah bank yang ada di Malaysia ini, mulai dari CIMB, Maybank,Public Bank dan masih banyak lagi. Intinya, ketika melakukan pembayaran tinggal memilih salah satu bank yang sesuai, lalu dari lelong tersebut akan langsung terhubung dengan akun bank kita, dan proses pembayaran ini belum ada di negara kita. Kelebihannya lagi adalah, adanya fasilitas Trust dan Level, fasilitas ini bisa dipakai sebagai tolok ukur dari kredibilitas dari penjual di lelong. Terdapat informasi umpan balik dari pembeli, positif feedback, serta menampilkan rating (Good/Bad/Neutral) yang diberikan oleh pembeli yang telah melakukan transaksi. Semakin banyak feedback positif, maka bisa dijadikan sebagai ukuran kredibilitas penjual tersebut.

Pengalaman saya membeli barang online di Malaysia sekitar bulan Januari kemarin, awalnya saya agak ragu juga nanti barangnya bisa sampai ke TKP atau tidak, barangnya bagus dan asli atau tidak, semua pertanyaan negatif selalu muncul dan disitulah salah satu kelemahan dari jual beli online, faktor kepercayaan memang sangat diperlukan. Apalagi sekarang maraknya situs jual beli online abal-abal, ketika uang sudah ditransfer tapi barang tidak pernah dikirim.

Sebenarnya ini bukan pengalaman pertama dalam hidup saya jual beli via online, sering saya melakukan jual beli via tokobagus, kaskus maupun bekas.com. COD (Cash on Delivery) dan liat barang sepuasnya adalah cara yang bisa dilakukan untuk memberi kepercayaan kepada pembeli, jadi kalau memungkinkan lebih baik COD untuk pembayaran. Lelong pun juga ada yang menyediakan cash, credit card, debit card, dan juga kredit tergantung dari penjualnya. Penjual di lelong biasanya adalah sebuah sebuah badan usaha bukan perorangan, jadi sebagian memang mempunyai toko offline.

Baca juga:   Tamparan oleh Imam Ketika Sholat Isya'

Menurut saya proses pembelian lumayan mudah, karena semua terintegrasi dalam situs tersebut dan biasanya untuk konfirmasi ketersediaan stok bisa dilakukan via email. Sehingga sebelum penjual mengkonfirmasi ketersediaan stok, pembeli tidak bisa melakukan pembayaran. Pengirimannya pun lumayan cepat (tergantung lokasi tujuan) karena menggunakan pos laju dan pastinya diberikan tracking number, untuk mengecek lokasi barang selama proses pengiriman.

Sedikit saran, bila ingin membeli via lelong usakan mencari pembeli dengan kredibilitas tinggi yang mempunyai Trust dan feedback positif yang tinggi (bisa dilihat di profil penjual) dan pastikan harganya normal (karena kalau jauh dibawah harga pasaran bisa-bisa bukan original, apalagi barang elektronik), walaupun ada keterangan dari penjual bahwa barang tersebut original atau imitasi.

 

Facebook Comments

You may also like...

2 Responses

  1. ticky ns says:

    Bisa share detail prosesnya….tks

  1. September 7, 2016

    […] tertentu dan lebih suka untuk melakukan transaksi secara online. Mulai dari lebih suka beli barang di lelong atau lazada, atau situs online lainnya. Dari kebiasan itu kadang merasa kangen juga dengan ketemu langsung […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *