Apakah Reference Manager itu ?

Apakah Reference Manager itu ?
0 0
Read Time:1 Minute, 25 Second

Jika pernah mengalami kesulitan untuk memformat bibliografi, berusaha keras untuk menyisipkan umlaut atas nama penulis asing, atau memformat ulang setiap kutipan dalam makalah atau artikel karena harus mengirimkan ulang ke jurnal kedua (karena di jurnal pertama telah ditolak heu..heu..), kemungkinan besar kita akan mendapat manfaat dari menggunakan referensi.

Reference manager… citation tool… bibliography generator – semuanya adalah nama untuk perangkat lunak manajemen literatur. Tujuan dari software ini apa? Untuk memudahkan pengguna untuk melacak materi penelitian yang kita gunakan dalam artikel kita. Jadi, Reference Management Software (RMS), merupakan software yang membantu peneliti (atau siapapun) dalam mengelola dokumen referensinya (buku, artikel, book chapter, dll). Mengelola dalam arti: membantu mencari, menemukan, menyimpan metadata (judul, pengarang, tahun terbit, penerbit…), dan menemukan kembali jika dibutuhkan. Termasuk juga mengelola dokumen digital dari referensi tersebut. RMS juga membantu dalam berkomunikasi dengan penulis/peneliti lainnya. Selain itu, fungsi teknis lain yang banyak bermanfaat adalah membantu dalam menyusun kutipan dan daftar pustaka dalam berbagai gaya.

Sebagai mahasiswa, pascadoktoral, dosen, ilmuwan riset, profesor… kita perlu mengumpulkan banyak makalah sepanjang karir, apalagi bidang penelitian kita berkembang sangat cepat. Mencoba mengelola makalah-makalah itu secara manual saja tidak hanya sangat memakan waktu tetapi juga membuat berisiko membuat kesalahan dalam proses mengawasi semua penelitian yang memicu penemuan sendiri. Memiliki program yang secara otomatis dapat membuat tetap teratur benar-benar sepadan dengan bobotnya – menghilangkan banyak langkah manual yang rumit yang dapat memperlambat kemajuan artikel kita.

Agar memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam kategori Reference Management Software, maka produk software paling tidak harus:

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.