Apakah Jurnal itu ?

Jurnal adalah publikasi secara berkala yang berisi sejumlah artikel yang diterbitkan secara teratur pada interval tertentu; biasanya bulanan atau setiap triwulan atau setiap caturwulan –tergantung dari publisher/penerbit jurnal tersebut– biasanya dengan melaporkan penelitian baru dengan tujuan utama adalah untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Secara umum terdapat dua jenis jurnal ilmiah, yaitu non-open access journal dan open access journal. Non-open access journal adalah journal ilmiah yang menerbitkan artikel yang hanya bisa diakses secara menyeluruh oleh orang yang berada didalam suatu institusi yang berlangganan (subscribe) atau mendapatkan lisensi terhadap jurnal tersebut. Sedangkan open access journal adalah jurnal ilmiah yang memberikan akses secara terbuka terhadap artikelnya, sehingga semua orang dapat mengakses serta mendownload bebas melalui internet sehingga membuat artikel ini lebih mungkin untuk digunakan dan dikutip. Contoh non-open access journal adalah semua jurnal dibawah IEEE (IEEE Transactions on Fuzzy Systems, IEEE Wireless Communications, IEEE Transactions on Education, dll), selain IEEEAccess, Nature, jurnal dibawah Elsevier (Fuzzy Sets and Systems, Computers & Mathematics With Applications, Journal of Computer and System Sciences, dll), Springer, selain SpringerPlus, dan lain-lainnya, sedangkan contoh open access journal adalah Plos One, PeerJ, Sensors, Energies, IEEEAccess, SpringerPlus (sekarang sudah tidak menerima artikel lagi), serta jurnal-jurnal yang memakai OJS biasanya masuk dalam kategori ini.

Artikel ilmiah atau makalah ilmiah adalah tulisan atau karangan yang ilmiah dapat berbentuk artikel ulasan (review article) maupun artikel penelitian (research article) yang diterbitkan di jurnal ilmiah.

Hingga saat ini banyak saya mendengar dan menemui beberapa orang yang sering bingung membedakan jurnal ilmiah dengan paper (artikel/makalah) ilmiah. Seringnya mereka menyebut paper dengan jurnal. Sering saya mendengar pernyataan ataupun pertanyaan: Saya sedang nulis jurnal sekarang. Kamu sekarang mempunyai berapa jurnal ? Saya baru saja nulis jurnal, ada saran baiknya disubmit dimana ya ? Dan pernyataan ataupun pertanyaan lainnya, seharusnya pertanyaan yang benar adalah: Saya sedang nulis artikel sekarang. Kamu sekarang mempunyai berapa artikel ? Saya baru saja nulis artikel, ada saran baiknya disubmit di jurnal mana ya ?
Semoga dengan penjelasan singkat mengenai arti apakah jurnal ilmiah itu dan arti apakah artikel ilmiah itu bisa memberikan sedikit informasi agar mampu membedakan perbedaan antara jurnal ilmiah dengan artikel ilmiah.

Facebook Comments
Baca juga:   Restore Database Qiqqa

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *