Alasan Mengapa Mendeley adalah Software Reference Manager Terbaik

Alasan Mengapa Mendeley adalah Software Reference Manager Terbaik
0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

Mendeley adalah sebuah tool aplikasi (software) yang digunakan untuk membantu para penulis (peneliti) mengorganisasikan referensinya. Dengan menggunakan Mendeley, kita dapat mengelola berbagai referensi tulisan dengan sangat mudah. Kita dapat merekam informasi setiap file sumber referensi ke dalam Mendeley, lalu dapat digunakan berkali-kali baik untuk kebutuhan membaca atau mengutip.

Mendeley memiliki berbagai kelebihan lainnya, seperti memudahkan kita membuat daftar pustaka di dalam membuat karya ilmiah dengan berbagai style yang berlaku internasional, saling berbagi dengan penulis atau peneliti lainnya di seluruh dunia terkait referensi yang digunakan, mencari penelitian terbaru, menampilkan karya publikasi sendiri, menggunakan fasilitas web importer agar dapat mengimport berbagai macam referensi dari berbagai situs indexing karya ilmiah, dan sebagainya.

Mendeley dapat didownload di website resminya https://www.mendeley.com/, pastikan Anda mendaftarkan akun sebelum menggunakan software ini. Ada beberapa alasan saya menggunakan software tersebut antara lain:

 

  1. Perangkat lunak ini gratis, dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan perangkat lunak manajemen referensi gratis lainnya. Pratinjau Scopus (https://www.scopus.com/) gratis, dan Anda dapat masuk dengan akun Mendeley Anda untuk melihat panduan cakupan konten, daftar sumber Scopus, daftar judul buku, dan daftar sumber Scopus yang dihentikan. Jadi, kita bisa mengetahui jurnal mana saja yang masih ada di database Scopus dengan menggunakan tool ini.
  2. Kita dapat melakukan Annotation, Highlight dan salin teks di Mendeley. Ada pdf reader di software ini, jadi ketika kita membuka judul artikel di Mendeley dan ingin mendapatkan informasi dari file paper pdf kita, kita bisa membuka file tersebut tanpa terlebih dahulu membukanya di program pdf reader. Kami juga dapat menambahkan catatan penting (disebut “Anotasi”), menyorot teks, dan menyalinnya.
  3. Terdapat fitur di Mendeley, seperti Mendeley Career dan Mendeley Funding. Dengan fitur ini, Anda dapat menulis CV dan mengunggahnya ke halaman Menu Karir Mendeley Karir. Di Mendeley Career, Anda juga dapat mendaftar untuk mendapatkan notifikasi tentang pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda. Ada ribuan agensi dan seksi yang siap memberi Anda pekerjaan melalui fitur ini.
  4. Mendeley juga memiliki sesuatu yang disebut “Mendeley Suggest.” Fitur ini memberi tahu kami tentang referensi baru yang relevan dengan referensi yang sudah kami miliki di database Mendeley kami.
Baca juga:   Alexa Ranking Pamit ?
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Facebook Comments

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.